Mengenal Secara Singkat BTPN

BTPN-Mengenal Lebih Dekat Serta Mengetahui Fiturnya

Kepanjangan BTPN – Bank Tabungan Pensiun Negara merupakan sebuah bank devisa hasil penggabungan usaha antara PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional tbk (BTPN) dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI). Tujuan awal pendirian BTPN yaitu untuk melayani segmen mass market yang terdiri dari para pensiunan militer, pelaku usaha mikro, pelaku usaha makro, serta segmen korporasi.

Secara resmi Bank tabungan pensiunan negara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbankan dan sudah berdiri semenjak 1958. Kantor pusat BTPN pada saat ini berada di Jakarta, yang sebelumnya posisi kantor pusat ada di Bandung.

Kepanjangan BTPN serta Sejarahnya

Kepanjangan BTPN ialah Bank tabungan pensiunan nasional yang pada awalnya terlahir akibat pemikiran dari 7 orang pada suatu perkumpulan pegawai pensiunan militer. Berdasarkan kesepakatan bersama ketujuh serangkai ini sepakat mendirikan Bank Pegawai Pensiunan Militer atau disebut BAPEMIL pada tahun 1958.

Tujuan awal pembangunan bank ini ialah sebagai wadah yang menerima simpanan serta memberikan pinjaman kepada para anggota BAPEMIL. Dengan demikian, beban ekonomi yang mereka tanggung dapat menjadi ringan akibat keberadaan BAPEMIL ini.

Target awal pembentukan BAPEMIL ialah anggota angkatan bersenjata republik Indonesia maupun sipil yang ketika itu pada umumnya mengalami kesulitan ekonomi. Hal tersebut menyebabkan banyak dari mereka terjerat rentenir dan kesulitan membayar hutang. Sebab itu muncullah BAPEMIL ini sebagai suatu wadah yang membantu para pensiunan tersebut untuk melunasi hutang dan beban ekonominya.

Akibat dari kepercayaan mitra serta nasabah, pada tahun 1986 para anggota perkumpulan BAPEMIL ini mulai membentuk sebuah PT yang bernama PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN).

Jenis tabungan BTPN

Pada BTPN terdapat dua jenis tabungan yang dapat nasabah pilih. Kedua jenis tabungan tersebut memiliki persyaratan serta ketentuan yang sangat berbeda-beda. Berikut penjelasan tentang kedua jenis tabungan yang ada pada BTPN :

1. Tabungan wajib

Merupakan tabungan yang proses pembayarannya melalui penyetoran oleh anggota kepada petugas sebesar 10% dari jumlah pinjaman. Tabungan ini nantinya akan tetap kembali kepada nasabah, setelah mereka menyelesaikan semua angsuran yang ada. Sehingga tabungan tersebut dapat lebih bermanfaat bagi nasabah, untuk membantu meringankan beban ekonomi yang mereka tanggung.

2. Tabungan sukarela

Merupakan tabungan yang pengisiannya minimal Rp 10.000 setiap kali pertemuan. Sistem kerja tabungan ini ialah, setiap anggota kelompok akan mendapatkan buku tabungan sebagai catatan petugas setiap kali nasabah menabung. Isi tabungan ini bisa diambil nantinya oleh nasabah dengan cara melakukan pengajuan terlebih dahulu pada saat melakukan pertemuan. Jika sudah maka pada saat pertemuan berikutnya uang tabungan tersebut sudah dapat diambil ke petugas.

Asuransi Bagi Nasabah BTPN

Sebagai salah satu bank swasta yang ada di Indonesia, BTPN juga memberikan asuransi kepada nasabahnya. Ada dua jenis asuransi yang berlaku bagi setiap nasabah BTPN, berikut penjelasan dua jenis asuransi tersebut :

1. Asuransi Meninggal Dunia

Ansuransi ini didapatkan oleh nasabah yang mengalami meninggal suami. Nasabah ini nantinya akan mendapatkan uang santunan sebesar RP 500.000. Namun untuk mendapatkan asuransi ini suami yang meninggal tersebut harus berusia 60 tahun.

2. Asuransi nasabah

Merupakan asuransi yang berlaku bagi nasabah BTPN itu sendiri. Asuransi ini bersifat pelunasan hutang bagi nasabah yang sudah meninggal dunia. Sehingga sisa utang yang nasabah miliki secara otomatis menjadi lunas ketika meninggal dunia. Namun untuk mendapatkan asuransi ini pihak keluarga nasabah harus memberikan dokumen kepada petugas berupa KTP, KK serta surat akta kematian.

Itulah penjelasan singkat tentang Bank Tabungan Pensiun Negara. Bagi kamu yang bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara, maka tidak ada salahnya kamu mencoba menggunakan BTPN ini. Pasalnya selain mendapatkan peluang hidup yang lebih baik setelah pensiun, BTPN juga memberikan semacam pelatihan dan informasi bagi para nasabah. Sehingga sebagai nasabah kamu dapat menikmati beberapa keuntungan positif dari keberadaan Bank Tabungan Pensiun Negara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *